Anda ingin membeli shockbreaker original di toko atau bengkel namun khawatir dibohongi oknum tidak bertanggung jawab? tak perlu khawatir lagi, ada beberapa cara untuk mengetahui ciri ciri shockbreaker asli original atau asli tapi palsu.
dalam beberapa kasus, saya sering menemukan toko-toko yang menawarkan barang original no. 2, disitu saya penasaran, apa maksudny original no. 2 itu?
nah setelah ditelusuri nanya nanya lagi ke beberapa toko dan bengkel resmi dengan membawa barang dan memperlihatkan barang tsb, ternyata itu barang rekondisi, atau ex singapore. disitu saya merasa kecewa dan kapok.
Shockbreaker palsu tersebut biasanya memiliki kemasan yang nyaris tidak dapat dibedakan dengan kemasan yang asli, baik dari warna, bahan kemasan, hinnga bentuk hurup tulisan dikemasan.
Lantas bagaimana cara mengetahui shocbreaker asli atau palsu itu? nah sparepartblog akan meberikan tips seperti berikut:
PERHATIKAN LUBANG KECIL DIATAS SHOCKBREAKER
Umumnya shockbreaker baru memiliki lubang kecil diujung shockbreaker yang masih bagus. Lubang itu berfungsi untuk memasukan kunci 'L' saat membuka coil spring. kalau shockbreaker baru pasti lubang tersebut masih bagus karena belum pernah dipasang pada mobil. tapi kalau shockbreaker bekas/rekondisi lubang tersebut bentuknya agak dower alias pernah dipakai di mobil lain.
PERHATIKAN DERAT PADA ULIR SHOCKBREAKER
Shockbreaker bekas/rekondisi bisa dikenali dari ujung derat yang tidak sempurna. Hal itu dikarenakan pernah dipakai dimobil lain untuk memasukan mur. sehingga derat shockbreaker tersebut memiliki derat yang kurang bagus.
CERMATI WARNA DARI BODY SHOCKBREAKER
Shockbreaker original/baru biasanya memiliki warna cat agak hitam/dop hitam. Tidak seperti shockbreaker bekas/rekondisi yang memiliki warna cat hitam warna pilok. Hal tersebut mungkin pernah dipakai di mobil lain dan kotor, lalu dibersihkan dan di cat kembali biar bisa terjual dengan harga yang mirip originalnya.
PERHATIKAN LUBANG BAUD
Shockbreaker bekas/rekondisi bisa dikenali dari ada tidaknya bekas baud pada lubang. Selain itu, oknum produsen shockbreaker rekondisi mengelabui pembeli dengan mengecat ulang lubang pada shockbreaker. Namun, biasanya masih bisa telihat seperti ada lingkaran yang lebih besar dari lubang baud shockbreaker tersebut.
CERMATI BATANG/AS TENGAH SHOCKBREAKER
Perhatikan pula batang tengah shockbreaker, bila terdapat goresan berarti batang tersebut pernah dipakai. sebab ketika digunakan batang bekerja naik turun, dan hal itu membawa dampak tergoresnya permukaan batang.
CEK CARA KERJA SHOCKBREAKER
Langkah terakhir adalah dengan melakukan cara kerja shockbreaker tersebut. Caranya, ambil shockbreaker dan pegang bagian atas dengan posisi tegak lurus. Setelah itu, tekan kuat kuat hingga garis batas maksimal, kemudian lepaskan.
Bila dalam proses kembali pada titik semula tersendat, berarti ada udara tertahan. Shockbreaker yang benar benar baru biasanya berjalan lambat tetapi bukan tersendat sendat.
Nah cukup sekian dari kami. Mudah mudahan bermanfaat. Jika kurang mengerti silahkan komentar.
Comments
Post a Comment