Skip to main content

cara cerdas, tips memilih shockbreaker mobil original atau rekondisi

Anda ingin membeli shockbreaker original di toko atau bengkel namun khawatir dibohongi oknum tidak bertanggung jawab? tak perlu khawatir lagi, ada beberapa cara untuk mengetahui ciri ciri shockbreaker asli original atau asli tapi palsu.
dalam beberapa kasus, saya sering menemukan toko-toko yang menawarkan barang original no. 2, disitu saya penasaran, apa maksudny original no. 2 itu?
nah setelah ditelusuri nanya nanya lagi ke beberapa toko dan bengkel resmi dengan membawa barang dan memperlihatkan barang tsb, ternyata itu barang rekondisi, atau ex singapore. disitu saya merasa kecewa dan kapok.
Shockbreaker palsu tersebut biasanya memiliki kemasan yang nyaris tidak dapat dibedakan dengan kemasan yang asli, baik dari warna, bahan kemasan, hinnga bentuk hurup tulisan dikemasan.
Lantas bagaimana cara mengetahui shocbreaker asli atau palsu itu? nah sparepartblog akan meberikan tips seperti berikut:

PERHATIKAN LUBANG KECIL DIATAS SHOCKBREAKER
Umumnya shockbreaker baru memiliki lubang kecil diujung shockbreaker yang masih bagus. Lubang itu berfungsi untuk memasukan kunci 'L' saat membuka coil spring. kalau shockbreaker baru pasti lubang tersebut masih bagus karena belum pernah dipasang pada mobil. tapi kalau shockbreaker bekas/rekondisi lubang tersebut bentuknya agak dower alias pernah dipakai di mobil lain.

PERHATIKAN DERAT PADA ULIR SHOCKBREAKER
Shockbreaker bekas/rekondisi bisa dikenali dari ujung derat yang tidak sempurna. Hal itu dikarenakan pernah dipakai  dimobil lain untuk memasukan mur. sehingga derat shockbreaker tersebut memiliki derat yang kurang bagus.

CERMATI WARNA DARI BODY SHOCKBREAKER
Shockbreaker original/baru biasanya memiliki warna cat agak hitam/dop hitam. Tidak seperti shockbreaker bekas/rekondisi yang memiliki warna cat hitam warna pilok. Hal tersebut mungkin pernah dipakai di mobil lain dan kotor, lalu dibersihkan dan di cat kembali biar bisa terjual dengan harga yang mirip originalnya.

PERHATIKAN LUBANG BAUD
Shockbreaker bekas/rekondisi bisa dikenali dari ada tidaknya bekas baud pada lubang. Selain itu, oknum produsen shockbreaker rekondisi mengelabui pembeli dengan mengecat ulang lubang pada shockbreaker. Namun, biasanya masih bisa telihat seperti ada lingkaran yang lebih besar dari lubang baud shockbreaker tersebut.

CERMATI BATANG/AS TENGAH SHOCKBREAKER
Perhatikan pula batang tengah shockbreaker, bila terdapat goresan berarti batang tersebut pernah dipakai. sebab ketika digunakan batang bekerja naik turun, dan hal itu membawa dampak tergoresnya permukaan batang.

CEK CARA KERJA SHOCKBREAKER
Langkah terakhir adalah dengan melakukan cara kerja shockbreaker tersebut. Caranya, ambil shockbreaker dan pegang bagian atas dengan posisi tegak lurus. Setelah itu, tekan kuat kuat hingga garis batas maksimal, kemudian lepaskan.
Bila dalam proses kembali pada titik semula tersendat, berarti ada udara tertahan. Shockbreaker yang benar benar baru biasanya berjalan lambat tetapi bukan tersendat sendat.

Nah cukup sekian dari kami. Mudah mudahan bermanfaat. Jika kurang mengerti silahkan komentar.

Comments

Popular posts from this blog

jangan tertipu, tips memilih spare part mobil honda dari kode mobil

Bagi pemilik mobil, mengetahui segala sesuatu tentang mobil memang sudah semestinya dilakukan. Apalagi ketika membeli sparepart atau bodypart. Tentunya, kalian tidak mau kan tertipu karena membeli part yang salah. nah oleh sebab itu, kami disini akan membahas beberapa kode mobil honda. kode mobil honda bisa dilihat di bagian tengah label sparepart. Kode ini yang berawalan hurup 'S' biasanya kode untuk body part, sedangan per-engine-an diawali dengan hurup 'P' atau 'R'. Langsung saja: CIVIC Civic old 75-79 657, 659,  Excelent 80-83 SA0, PA1, Wonder 84-87 PE0, PE1, PE3, PE4, SB3, SB2 Grand 88-91 PM1, PM3, SH3, SH4, PL3 Genio/Estillo 92-95 SR3, SR4, P01, P04, P03, P00 Ferio 96-99 S04, S21, P2A, Century 00-05 S5A, PLC, S5D, PSB Civic FD1 06-11 SNL, SNB, RNA, RNC Civic FB1 12-17 TR0, TS4 CR-Z SZT ACCORD Accord old 78-81 689, 671 Excecutive 82-85 SA5, SA6, PA5, PD2, PD5, PA6, PC1 Prestige 86-89 SE0, SE3, PH1, PH4, PH2, PC6 Maestro 90-93 SM4, PT1, PT3, PT4, PX4 Ciello

awas sparepart palsu, cara membedakan sparepart mobil honda asli atau palsu dari label

Ketika memperbaiki mobil, pasti kita menginginkan semua komponen di mobil adalah komponen asli, bukan imitasi. Dengan tujuan untuk mengembalikan keaslian dari mobil tersebut. Nah oleh sebab itu, harus hati-hati dalam membeli sparepart, biar enggak ketipu. Lalu bagaimana caranya biar enggak ketipu saat membeli sparepart mobil, khususnya mobil honda? Yang pertama tentu harus tahu dulu soal sparepart yang ingin dicari, kalau untuk beberapa part masih bisa dilihat dari kemasan dan labelnya, biasanya kalau yang asli pasti tertulis di label kode part dan buatan mana. Walaupun tidak selalu menjamin keaslian barang hanya dari kemasannya. Yang sulit kalau barang NOS (new old stock), karena kemasannya biasanya sudah rusak, padahal barangnya asli. Nah sekarang sparepart91.blogspot.com akan memberi tahu label label honda yang original asli bukan kw, perhatikan: Contohnya seperti diatas: coba kalian perhatikan cara cetaknya, terlihat beda bukan. Tapi, ada beberapa model label honda yang berbeda, li